Jumat, 04 Mei 2012
Sudah pada tahu kan tentang IPv6. IPv6 itu jenis internet protokol terbaru yang digunakan untuk menggantikan IPv4 yang alamatnya terbatas. IPv6 sendiri alamatnya terbatas juga, namun memiliki kapasitas yang besarnya beberapa kali lipat dibandingkan dengan IPv4.

Nah Mobile IPv6 itu sendiri apa coba?? maksudnya mobile itu apa ?? mari kita bahas..

Mobile IPv6 mendukung IPv6 node untuk mobile atau berpindah dari suatu lokasi ke lokasi yang lain pada jaringan IPv6 dan memelihara proses komunikasi yang aktif masih dapat berlangsung. Ketika IPv6 node berpindah dari suatu lokasi, IPv6 node juga akan mengubah koneksi tersebut baik koneksi Data Link dan Network Link. Ketika proses perpindahan tersebut terjadi, IPv6 node harus mengubah alamat IPv6 untuk menjaga reachability. Mekanisme untuk proses perubahan alamat ketika IPv6 node berpindah dari suatu link dapat dilakukan dengan mekanisme stateful atau stateless autoconfiguration untuk IPv6.

Keuntungan pada mobile IPv6 adalah ketika mobile node berpindah lokasi dan mengubah alamat, proses komunikasi pada mobile yang aktif masih dapat berlangsung. Pemeliharaan koneksi pada mobile node tidak dilakukan dengan memodifikasi pada protokol transport misalnya UDP atau TCP tetapi mengubah alamat pada lapisan internet. Protokol lapisan transport tidak mengetahui kalau alamat mobile node telah berubah. Koneksi yang aktif tersebut masih berlangsung dikarenakan koneksi masih menggunkaan alamat yang tetap (home address) pada mobile node ketika mobile node berpindah lokasi atau mengubah alamat IPv6 (care-of address).

Komponen untuk mipv6 sendiri itu ialah :
  • home link
Home link merupakan sub-network dari home agent. Home link mempunyai subnet prefix network yang dikirimkan oleh home agent melalui Router Advertisement. Mobile node menggunakan home subnet prefix untuk menentukan
home address.
  • home address
Home address merupakan alamat tetap pada mobile node ketika berada pada home link atau foreign link. Dengan home address, proses koneksi antara mobile node dapat berlangsung tanpa bergantung pada lokasi mobile node tersebut..
Paket yang dialamatkan ke alamat yang sesuai dengan home subnet prefix akan dikirimkan ke home link menggunakan proses IPv6 routing. Jika mobile node berada pada home link, metoda mobile IPv6 tidak digunakan. Jika mobile node
tidak berada pada home link, proses metoda mobile IPv6 digunakan untuk mengirim atau tunnel paket yang dialamatkan ke home address mobile node ke alamat mobile node yang sekarang.
  • home agent
Home agent merupakan router pada home link yang memelihara informasi mobile node pada home link yang berpindah dari home link dan memelihara informasi alamat mobile node yang sekarang. Jika mobile node berada pada home link, home agent akan berfungsi sebagai IPv6 router yang bertugas untuk meneruskan paket yang dialamat ke mobile node. Jika mobile node berpindah dari home link, home agent akan melakukan proses tunnel paket yang dialamatkan ke home address mobile node ke alamat sekarang mobile node.
  • mobile node
Mobile node merupakan IPv6 node yang dapat berpindah koneksi, mengubah alamat IPv6 dan memelihara reachbility menggunakan home address. Mobile node mempunyai informasi home address dan alamat global pada lokasi sekarang
yang mengidentifikasikan informasi pemetaan home address atau alamat lokasi sekarang home agent dan IPv6 node lain yang sedang berkomunikasi dengan mobile node.
  • foreign link
Foreign link merupakan link yang bukan merupakan home link mobile node. Foreign link ditandai dengan foreign subnet prefix.
  • Care of Address
Care-of address merupakan alamat yang digunakan mobile ketika mobile node terhubung ke foreign link. Care-of address merupakan kombinasi antara foreign subnet prefix dan interface ID yang dimiliki oleh mobile node. Mobile node dapat memiliki lebih dari satu care-of address, tapi hanya satu care-of address yang terdaftar sebagai primary care-of address pada home agent. Asosiasi care-of address dengan home address untuk mobile node dinamakan binding. Correspondent node dan home agent mengetahui informasi lokasi mobile node pada binding yang dinamakan binding cache.
  • Correspondent node
Correspondent node merupakan IPv6 node yang dapat berkomunikasi dengan mobile node ketika berada pada home link atau ketika berpindah dari home link. Correspondent node dapat juga sebagai mobile node.

Artikel selanjutnya mengenai sistem mobility dari ipv6... ditunggu aja ya !!!

Reference :
  • Mobile IPv6 ITB
  • Deliverable D4.1.3 Mobile IPv6 Handovers: Performance Analysis and Evaluation
  • Giuliana IAPICHINO and Prof. Christian BONNET, "IPv6 mobility and ad hoc network mobility overview report", March 20th, 2008

0 komentar:

Posting Komentar