Minggu, 23 Januari 2011
Virus komputer merupakan ancaman nyata dalam dunia cyber. Beberapa virus dapat menghapus data pada hard drive komputer, menghambat aliran data pada jaringan selama berjam-jam, merubah komputer lain menjadi zombie dan memperbanyak diri untuk menyerang komputer lain.

Pengembangan virus sudah mulai sejak tahun 1983 dan terus berkembang semakin banyak. Virus komputer memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan virus penyakit. Virus dapat memperbanyak diri sendiri, umumnya menumpang (parasit) pada file atau program lain. Selain itu virus juga dapat bermutasi, berevolusi, berubah bentuk secara dinamis yang dapt membuatnya lebih tahan terhadap antivirus.

Kita akan melihat 10 virus komputer terburuk dalam sistem komputer...

10. Mellisa Virus
Pada musim semi tahun 1999, seorang pria bernama David L. Smith membuat sebuah virus komputer berdasarkan Microsoft Word macro. Ia membangun virus sehingga bisa menyebar melalui pesan e-mail.

Virus komputer Melissa ini menggoda penerima untuk membuka dokumen dengan pesan e-mail seperti "Here is that document you asked for, don't show it to anybody else." Setelah diaktifkan, virus bereplikasi sendiri dan mengirimkan dirinya keluar ke 50 orang teratas di buku alamat penerima e-mail.

9. ILOVEYOU
Berbeda dengan Mellisa virus, virus ini berbentuk worm, sebuah program yang dapat mereplikasi sendiri. Virus ini menyebar melalui e-mail Internet satu tahun setelah Mellisa virus menyebar. Subjek e-mail mengatakan bahwa pesan itu adalah Surat Cinta yang datang dari pengagum rahasia.
Virus ini mempunyai beberapa serangan :
  • Virus ini menyalin dirinya sendiri dan  menyembunyikan salinan dalam beberapa folder pada hard drive korban.
  • virus ini menambahkan file baru untuk registry key korban.
  • Virus ini menggantikan beberapa jenis file dengan salinan dirinya.
  • Penyebaran dapat melalui Internet Relay Chat klien maupun e-mail.
8. Klezz Virus
Virus Klezz menandai arah baru suatu virus. Virus ini merupakan suatu worm yang menyerang komputer korban lewat e-mail, menggandakan diri dan mengirimkan ke alamat e-mail yang ada pada address-book e-mail korban. 

Beberapa varian dari virus ini membawa program berbahaya lain yang mampu membuat komputer korban tidak dapat dikendalikan. Virus ini dapat bertindak sebagai virus, worm maupun trojan horse tergantung versinya. Virus ini bahkan mampu membuat antivirus tidak bekerja dan memposisikan dirinya sebagai antivirus.

7. Code Red & Code Red II
Virus ini muncul pada musim panas 2001. Virus ini bertindak sebagai worm dan mengeksploitasi vulnerability dari komputer yang menggunakan OS Windows 2000 dan Windows NT. Vulnerability dari penggunaan 2 OS Windows diatas ialah buffer overflow, yang berarti ketika mesin yang berjalan pada sistem operasi ini menerima informasi lebih dari buffer yang dapat menangani, maka ia akan mulai menimpa memory yang berdekatan dengannya. 

Worm Code Red asli memprakarsai distributed denial of service (DDoS) attack di Gedung Putih. Itu berarti semua komputer yang terinfeksi dengan Code Red mencoba menghubungi server Web di Gedung Putih pada saat yang sama, overloading pada mesin.

Microsoft telah merilis patch sehingga virus ini tidak dapat menginfeksi, namun bagi yang telah terinfeksi, pengguna sendiri yang harus menghapusnya.

6. Nimda
Salah satu jenis virus yang muncul pada tahun 2001. Nimda menjadi virus tercepat pada waktu itu berhasil menyebarkan diri, bahkan menurut CEO TruSecure Petrus Tippett, hanya membutuhkan waktu 22 menit dari saat Nimda menghantam Internet untuk mencapai Top of the List Reported Attack

Target sebenarnya dari Nimda ialah server internet. Ketika menginfeksi PC rumah, tujuan sebenarnya ialah membuat aliran trafik internet meningkat. Nimda bisa menyebar melalui beberapa metode termasuk email.

Nimda menciptakan sebuah backdoor pada komputer korban. hal ini memungkinkan orang dibalik serangan tersebut untuk mengakses pada tingkat yang sama dengan account yang login pada saat itu. Bisa dibayangkan apabila saat itu adalah account Administrator, berarti orang dibelakang serangan tersebut mampu mengambil alih komputer tersebut secara utuh.

5. SQL Slammer/Saphire
Pada awal tahun 2003,  Januari akhir, virus baru muncul dan menyebar melalui Internet. Banyak jaringan komputer yang tidak siap terhadap serangan tersebut mengakibatkan beberapa sistem roboh karena virus tersebut. Layanan ATM Bank of America tidak berfungsi, layanan service 911 tidak berjalan, dan Continental Airlines terpaksa membatalkan beberapa penerbangan karena kerusakan sistem check-in dan e-tiket.

Dari beberapa perkiraan, virus memberikan kerusakan hingga 1 Milyar Dollar Amerika sebelum patch dan antivirus mengatasi problem ini. Virus yang dikenal juga sebagai Saphire, setelah beberapa menit menginfeksi server internet pertama, menggandakan jumlah korban setiap detiknya. 15 menit setelah serangan pertama, virus ini menginfeksi hampir setengah server yang berperan sebagai pilar internet.

4. My Doom
Virus ini mampu membuat backdoor pada operating sistem (OS) pada komputer korban. Seperti virus lainnya, virus ini mencari korban melalui alamat e-mail dan proses replikasi diri. Namun virus ini juga melakukan pencarian alamat e-mail korban juga melalui search engine. 

Virus ini menyebar melalui e-mail dan jaringan peer-to-peer. Menurut security firm MessageLabs, satu dari setiap 12 email yang beredar di Internet terinfeksi virus ini.

3. Sasser and Netsky
Sasser worm menyerang komputer melalui vulnerabillity Microsoft Windows. Tdak seperti virus lainnya, Sasser menyebar tidak melalui email. Sekali terinfeksi, sistem komputer tersebut menjadi sering kena virus, karena virus ini memerintahkan komputer untuk mendownload virus lainnya. Virus ini juga memeriksa alamat IP secara acak untuk mencari korban. Selain itu, virus ini mengubah sistem komputer korban sehingga komputet tidak dapat dimatikan selain memutuskan aliran listrik menuju komputer

Netsky, menyebar seperti vuirus lainnya, melalui email dengan membawa attachment sebesar 22KB. Netsky dapat menyebabkan Denial of Service (DoS) pada jaringan komputer.

Sasser dan Netsky, dibuat oleh seorang anak berumur 17 tahun bernama Sven Jaschan. Hal ini dapat diketahui karena adanya kesamaan program yang terkandung dalam virus tersebut.

2. Leap-A/Oompa-A
Virus ini menunjukkan bahwa MAC juga tidak aman dari virus, walaupun Apple berkata bahwa OS mereka dilindungi dari virus. Leap-A diperluas pada tahun 2006 melalui program messaging iChat, yang dikirim format file gambar yang korup ke semua kontak. Hal ini tidak menyebabkan kerusakan besar, tetapi menunjukkan bahwa Apple juga rentan terhadap virus.

1. Storm Worm 
Virus ini diidentifikasikan sebagai worm pada akhir tahun 2006. Publik memberi nama storm worm karena salah satu email pembawa virus memiliki subjek "230 dead as storm batters Europe".

Storm worm merupakan salah satu program trojan horse. merupakan payload dari program lain, meskipun tidak selalu sama. Beberapa versi storm worm membuat komputer korban sebagai zombie atau bots. Komputer yang terinfeksi menjadi rentan terhadap remote dari belakang.  Beberapa hacker menggunakan  storm worm untuk membuat bot dan menggunakannya untuk mengirim email spam lewat internet. Beberapa versi storm worm menipu korban untuk mendownload aplikasi melalui link palsu. Orang dibalik serangan mengubah subjek email untuk mencerminkan peristiwa pada email tersebut.


Itulah sepuluh Virus terburuk yang membuat kerusakan pada komputer maupun jaringan komputer.


Sumber : howstufworks.com
              wikipedia.org
              blog.srichnet.info



0 komentar:

Posting Komentar