Rabu, 26 Januari 2011
Aquada di atas air
Keseringan membaca komik ternyata membawa banyak pengetahuan baru. Pada komik D-live, yang ada pada Shonen Star, saya melihat hal yang baru dan nyata, yaitu Aquada. Karena didorong rasa penasaran, maka mencari tahulah saya tentang Aquada. Ini yang dapat saya paparkan.

Aquada ialah mobil yang bisa berjalan baik di darat maupun di air. Mobil ini dikembangkan oleh Gibbs Technology yang berasal dari Inggris. Memiliki kecepatan di darat layaknya sport car dan memiliki kecepatan sekitar 50 km/jam ketika berada di air.



Aquada Interior
Aquada memiliki interior yang unik, yaitu kursi setir berada di tengah dari 3 kursi yang ada. Hebat kan!  Dr. Keith Alexander, Dosen senior mechanical engineering di Canterbury University, dan bertindak sebagai konsultan Aquada berkata "Hal ini luar biasa karena karena semua isyarat dari kendaraan tersebut mengatakan anda mengemudikan mobil, namun di luarnya adalah perahu. Anda duduk dengan roda kemudi dan kaki di pedal, tapi anda bukan jalan di pinggir jalan melainkan di air".

Dalam mengembangkan Aquada, Engineer dan Designer Gibss menggunakan jetsky sebagai bahan perbandingan pada waktu berada di air, untuk mengetahui kelincahan ketika berada di air. Untuk di darat, Aquada diharapkan mampu beroperasi sebagaimana halnya mobil sport rata-rata.

Technology Aquada
Aquada memiliki mesin power sebesar 175 HP, V6, 2.5-liter, 24-valve. Di darat, mesin ini mampu berlari dengan kecepatan 100mph (161kph) dan akselerasi dari 0-60 mph dalam waktu kurang dari 10 s.

Aquada Jet
Aquada juga dilengkapi dengan amphibian jet. Jet untuk Aquada adalah bagian khusus yang dibuat oleh Gibs Technology. Jet ini memiliki kemampuan mengeluarkan 1 ton gaya dorong yang merupakan gaya yang dibutuhkan membuat kendaraan ini bergerak di dalam air. Jet tersebut memiliki panjang 35 inci (0,89m) dan berat 88 pounds (40 kg). Kekuatan gaya dorong dan keseimbangan antara power dan berat mesin mampu membuat Aquada beraksi di air dengan kecepatan maksimum 34,7 mph (55,8 kph).

Desig bagian bawah Aquada
Aquada tidak memiliki pintu yang membantu mencegah kebocoran. Memiliki struktur dasar aluminium yang berikat dengan frame. Untuk mengatasi korosi, Gibss menguji material komponen aquada dibawa kondisi extreme. Setiap komponen mengalami uji materi salt-spray test selama 2000jam, 4 kali lebih lama dibandingkan standar uji mobil biasa.

Kelebihan lain dari Aquada ialah proses transformasinya. Ketika mobil masuk ke air pengemudi menekan sebuah tombol untuk menandakan four-second transformation kendaraan. berikut adalah proses perubahan yang terjadi.
The Aquada's rear suspension
  • Kendaraan menyadari bahwa dia berada di atas air
  • Kendaraan menyadari kedalaman air.
  • Mesin untuk roda dimatikan
  • Roda ditarik
  • Road lights berubah menjadi marine lights
Selama proses transformasi, pengemudi harus membuat putaran mesin menjadi 2000rpm (putaran per menit) untuk memberikan tenaga yang cukup untuk jet .

Inilah sekilas tentang Aquda, mobil yang bisa berjalan di dalam air. Seperti yang saya katakan pada tulisan saya sebelumnya, sebuah ide akan sangat baik juga bisa dibuktikan, dan Gibss Technology telah membuktikan ide mereka menjadi suatu yang nyata.

0 komentar:

Posting Komentar