Senin, 24 Januari 2011
Wow, dari judulnya saja, sudah heboh banget ya! Namun itulah yang terjadi. Novel yang setahu saya yang ke-2 dari Antonius Tanan dibantu beserta teman-temanya yaitu Adhika Dwi Pramudita dan Rosida Rahmawati ini menceritakan mengenai seorang anak bernama Jonas menghadapi tantangan 1 Miliar.

Jonas seorang remaja anak pengusaha restoran yang sukses di medan. Jonas (tokoh utama dalam novel ini) berhasil masuk ke Universitas Ciputra di Surabaya melalui jalur beasiswa, sangat marah begitu mengetahui kenyataan bahwa papanya adalah pebisnis judi. Kenyataan ini membuatnya mengambil keputusan untuk keluar dari kehidupan papanya dan ingin membuktikan bahwa dirinya mampu berdiri sendiri tanpa bantuan papanya.
Dengan slogan “Jonas Pasti Bisa”, ia melangkah ke Surabaya dan bertemu dengan teman barunya Wulan, Doni, dan Benny (yang akhirnya menjadi sahabat karib) dan mencoba mengimplementasikan ilmu yang didapatkannya di bangku kuliah dalam kehidupan nyata dengan mengikuti berbagai lomba business plan bersama teman-temannya itu dan membuat mereka terkenal di kampusnya sebagai kelompok GAS. Namun, hadirnya kelompok lain yang bernama GAG dan beranggotakan Alex, Bobby, Dicky, dan Rossy membuat ketenaran mereka terganggu.

Persaingan antara dua kelompok itu semakin berkembang ke arah yang tidak sehat hingga kemudian Ciputra yang mendapat pengaduan dari salah seorang orang tua anggota kelompok GAS turun tangan dengan memberikan tantangan 1 miliar kepada kelompok GAS dan kelompok GAG.

“Saya mau mengadakan lomba. Saya akan memberikan modal awal Rp. 10 juta kepada kalian masing-masing, dan kalian harus berusaha semaksimal mungkin untuk melipatkgandakan modal itu sebagai keuntungan. Targetnya, tahun depan, pada tanggal dan bulan yang sama, kalian sudah harus dapat melipatgandakan modal itu untuk mendapatkan net cash flow satu miliar,” kata Ciputra sambil menambahkan bahwa ia secara pribadi akan memberi hadiah 1 miliar lagi kepada kelompok yang menang.

Bagaimana Jonas dan teman-temannya mendapatkan 1 Miliar, dan berhasilkah Jonas memenangkan tantangan tersebut ? Beranikah Jonas mempertaruhkan kemenangannya untuk seorang wanita yang dia sayangi ?

Dalam Novel ini kita dapat mengambil hikmah dan pelajarn yang berharga bahwa Bisnis bukan hanya masalah pencapaian target dan kesuksesan finansial ataupun mengalahkan lawan bisnis tetapi juga masalah kerja keras, kepercayaan, kejujuran, dan hati nurani.

0 komentar:

Posting Komentar